Perlukah Listrik Tenaga Surya untuk Industri?

Share this

Jika selama ini perusahaan masih bergantung penuh pada listrik PLN dan tidak memiliki sumber energi listrik lainnya, maka sudah seharusnya harus segera mencari sumber energi listrik tambahan. Pemasangan generator listrik bisa menjadi salah satunya. Alat tersebut bisa menjadi back up ketika listrik mati mendadak.
Namun tidak hanya itu, perusahaan perlu melangkah lebih jauh dengan membuat sistem pembangkit listrik sendiri. Sulit? Tidak juga, sebab sudah banyak industri yang melakukan hal ini. Contohnya dengan menggunakan listrik tenaga surya.
Melimpahnya sinar matahari yang ada di Indonesia bisa digunakan sebagai sumber energi listrik. Selain itu, kita juga tidak perlu repot untuk berusaha membangunnya sendiri. Tinggal cari rekanan atau perusahaan yang memang terpercaya selama ini menangani pembuatan pembangkit listrik tenaga surya. Dengan begitu, prosesnya pun akan menjadi lebih mudah.
Manfaat paling terasa dari penggunaan sistem pembangkit listrik tenaga surya itu adalah pada diversifikasi energi. Jadi perusahaan / industri mulai melepaskan diri pada ketergantungan yang berlebihan pada satu pasokan listrik saja. Manfaatnya akan terasa dengan terpenuhinya kebutuhan listrik sehingga menjadi terjamin.
Manfaat tambahannya akan terasa dalam efisiensi. Mengingat listrik tenaga surya memerlukan sinar matahari sebagai bahan baku utamanya dan itu tersedia melimpah di negeri ini, maka hal itu akan terasa pada penghematan listrik perusahaan.
Selain itu untuk perawatan perangkat listrik tenaga surya ini juga terhitung mudah. Dengan begitu perusahaan secara pelan-pelan melakukan arah baru dalam penyediaan sumber energi yang dibutuhkan. Motivasi lainnya tentu hal ini juga terkait dengan sumbangsih terhadap lingkungan dalam bentuk penggunaan sumber energi yang lebih hijau dan ramah.

weGuatemala.org beta
report a problem or suggestion