Tips Tepat Memberi MPASI Pertama Kali Pada Buah Hati

Share this

Memiliki buah hati tentu menjadi kebahagiaan yang tidak terkira. Terlebih jika melihat tumbuh kembangnya setiap hari. Ada kepuasan tersendiri jika melihat si kecil mulai menunjukkan perkembangan yang positif. Di awal-awal pertumbuhan biasanya bayi cukup dengan mendapatkan asupan makanan dari ASI. Namun seiring dengan pertumbuhan dan perkembangannya, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sehingga perlu adanya MPASI atau makanan pendamping ASI untuk melengkapinya.

Pemberian MPASI baru bisa diberikan saat bayi menginjak usia 6 bulan. Karena di usia ini, sistem pencernaan bayi dinilai sudah bisa bekerja sempurna. MPASI untuk buah hati bisa berupa buah-buahan, biskuit, olahan dari sayur-sayuran, atau bahkan dari produk MPASI instan. Memang banyak yang menyarankan untuk jangan beri anak MPASI instan. Namun hal ini tidaklah sepenuhnya benar. MPASI instan bisa diberikan pada si kecil namun dengan pertimbangan dan seleksi terlebih dahulu. Karena tidak sedikit produk MPASI instan yang bebas pengawet dan mengandung nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

Mengenalkan MPASI pada si kecil memang susah-susah gampang. Sebagai persiapan, Anda bisa memberikan menu sehat MPASI pertama dari hasil olahan sendiri. Anda bisa berkreativitas dengan menciptakan makanan yang sekiranya disukai si kecil, seperti biskuit, pudding, dlsb. Nah, berikut ini ada beberapa tips agar saat pemberian MPASI yang pertama kali, yaitu:

Berikan sedikit demi sedikit dan bertahap di sela-sela pemberian ASI.
Kenalkan sayuran terlebih dahulu dibandingkan buah-buahan agar tidak ada kecenderungan membenci sayur-sayuran.
Hindari menggunakan gula maupun garam dalam olahan makanan.
Jangan mencampur begitu banyak jenis makanan di awal pemberian MPASI.
Perhatikan makanan yang menjadi pemicu alergi.
Pastikan peralatan yang digunakan untuk mengolah makanan higienis.
bahaya mpasi instan

weGuatemala.org beta
report a problem or suggestion